-->
Petani Maju Melalui Pemberdayaan Petani

Sudahka petani kita maju, sudahka petani kita sukses…..(Jawabnya dari diri masing masing yah)… Tulisan kali ini kita akan sharing terkait pemberdyaan petani…

Dibenak “ideku” pemberdayan petani intinya adalah mandiri dan mampu melalui dorongan, motivasi, kesadaran akan potensi yang dimiliki serta berupaya untuk mengembangkan untuk membentuk masa depan sesuai keinginannya.

Menurut “ideku” upaya yang dapat dilakukan dalam upaya pemberdayaan petani adalah :

·      Penguatan SDM Petani, hal tersebut diarahkan pada orientasi budaya yang baik melalui pengembangan bisnis dan propesionalisme. Kegiatanya bisa pada fokus penguatan SDM melalui Sekolah lapang, Penanganan Pasca panen, pengolahan dan pemasaran serta kelembagaan petani, kegiatan lain yang dapat dilaksanakan adalah bimbingan kepemimpinan, manajemen kelompok dan manajemen usahatani bagi petani dan bagaiamana cara agar dapat mengakses pasar.

·      Permodalan, dibutuhkan fasilitasi dan kemudahan bagi pelaku utama untuk akses terhadap lembaga keungan dengan persyaratan yang tidak membebani petani. Pelayanan tersebut diharapakan lebih muda dan difasilitasi dengan pendamping sebagai fasilitator sehingga akses permodalan lebih muda, sekarang ini sudah ada yang namanya KUR, sisa bagaimana kita bisa menjadi mediator bagi pelaku utama untuk mengakses sumber permodalan tersebut.

· Pengembangan Kelembagaan petani, kelompok tani perlu di aktifkan, ditingkatkan dan dikembangkan dalam upaya pengembangan usaha dimana kelompok tani diarahkan pada penumbuhan dan pengaktifan kelompok tani, gabungan kelompoktani dan kelembagaan ekonomi petani. Pengolahanya dengan metode partisipatif melalui pemberdayaan masyarakat. Hal hal yang dikembangkan seperti dalam hal motivasi kegiatan agribisnis  dan diarahkan untuk bermitra dengan perusahaan swasta yang memiliki akses pasar

·      Pengembangan pasar, tahap akhir dari pengembangan komoditas kelompok tani adalah eksploirasi potensi pasar melalui kajian pasar seperti tujuan, kontinuitas permintaan, kualitas dan jumlah. Penyediaan informasi pasar pengembangan jaringan pasar dan promosi. Pengembangan pasar perlu dilaksanakan bersamaan dengan pembenahan manajemen rantai pasok. Sehingga produk yang dipasarkan dapat diterima di tangan konsumen dengan kualitas yang baik dan keuntungan tentunya akan langsung dirasakan dan dinikmati oleh kelembagaan petani maupun petani.

LihatTutupKomentar